www.bigoo.wswww.bigoo.wswww.bigoo.wswww.bigoo.wswww.bigoo.wswww.bigoo.wswww.bigoo.wswww.bigoo.wswww.bigoo.wswww.bigoo.wswww.bigoo.wswww.bigoo.wswww.bigoo.wswww.bigoo.wswww.bigoo.wswww.bigoo.wswww.bigoo.wswww.bigoo.ws
  • sebuah keluarga harus kita bangun dengan kebersamaan, karena tanpa kebersamaan keluarga tidak akan harmonis melainkan akan mengalami kehancuran should we build a family with unity, because without family togetherness will not be harmonious, but will suffer from the damage
  • marilah kita hidup dengan agama agar hidup kita bermakna, dengan seni agar hidup kita berarti dan dengan ilmu agar hidup kita bermutu let us live our lives meaningful religious order, with the art so that our lives meaning and with knowledge that our life quality
  • Walaupun perjalanan tampak selangkah dua langkah tiada bertepi, seolah tiada ujung dan tiada puncak, sedangkan kaki ini telah lelah mendaki gunung asa yang terasa begitu tinggi "

Senin, 09 November 2009

10 Kiat Membina Keluarga Bahagia

Senin, 09 November 2009

gilang manis mengatakan
Keluarga bahagia bukanlah keluarga yang berlimpah hartanya, bukan juga keluarga yang banyak duitnya, tau keluarga yang mantep jabatannya. karena yang saya sebutkan diatas tidak menjamin terciptanya keluargayang bahagia, apalagi keluarga yang bahagia dunia akhirat.

Kalau bagi penulis sih, keluarga bahagia itu adalah keluarga yang dapat saling berbagi (senang dibagi, suka dibagi, susah atau duka juga dibagi-bagi). apapun keadaannya selalu bersama, saling mensuport. udah lah! kok malah ceramah! ini dia 10 kiat untuk mencapai keluarga bahagia.

PAHAMI METODE-METODE BERIKUT :

1.  Jujurlah satu sama lain.
2.  Dengarkan keluhan pasangan Anda dan anggap serius perasaannya
3.  Bila ada ganjalan sebaiknya didiskusikan sehingga tidak menimbulkan kebencian.
4.  Tunjukkan pada pasangan bahwa Anda mencintainya dan katakanlah “I love You” minimal sekali sehari.
5.  Ciptakanlah waktu berdua saja tanpa diganggu oleh anak-anak. Jadualkan kegiatan berdua minimal setahun sekali.
6.  Janganlah mengungkit-ungkit masa lalu dan belajarlah dari kesalahan.
7.  Percayalah pada pasangan . Bila Anda ragu atau curiga ungkapkanlah hal tersebut padanya.
8.  Pada saat pasangan Anda berbicara, pandanglah wajahnya sehingga ia tahu kalau Anda memperhatikan ucapannya.
9.  Saat bertengkar jagalah perkataan Anda ( jangan sampai mengatakan sesuatu yang akan disesali nantinya) dan berusahalah tetap tenang dan tidak terbawa emosi, berusahalah tetap duduk.
10. Jagalah rahasia hubungan Anda berdua.
Trik Mengetahui Kejujuran Pasangan

Mendapatkan pasangan yang suka berbohong pastilah merupakan sesuatu yang menyakitkan. Ketidakjujuran merupakan sesuatu yang dapat merusakkan hubungan yang telah terjalin terutama pada pasangan tercinta. Pada beberapa situasi, berbohong lebih baik daripada mengatakan yang sebenarnya. Misalnya teman Anda menanyakan pada Anda apakah ia kelihatan gemuk ? Tentu saja Anda tidak akan mengatakan secara jujur bahwa ia gemuk. Karena bukan itulah jawaban yang diinginkannya.

Tetapi terhadap pasangan hidup haruslah jujur. Bila sekali saja Anda berbohong, maka akan menjadikannya sebagai suatu kebiasaan. Sekali berbohong maka Anda akan mencari alasan lain lagi untuk menutupi kebohongan yang pertama, yang dapat menimbulkan stress. Anda tidak akan hidup rileks.
Menurut psikolog Los Angeles, Robert R.Butterworth, berbohong dapat diterima, tetapi tidak dengan orang yang dicintai. Jika Anda tidak dapat menemukan kebenaran dari pasangan hidup, pada siapa lagi Anda dapat memperolehnya ?
Kejujuran kadang-kadang memang menyakitkan dan membuat stress tetapi untuk jangka panjang, Anda tidak akan mendapatkan keintiman tanpa adanya kejujuran dalam suatu hubungan.
Mark Meadows, profesor sosiolog di Institut San Diego, mengatakan bahwa seseorang dapat mengetahui apakah pasangannya sedang berbohong atau tidak dengan mengamati hal-hal berikut :

-Bahasa tubuh
Dengan mengamati bahasa tubuh pasangan sewaktu ia berbicara, Anda akan mengetahui apakah ia jujur atau tidak antara lain, gugup ketika berbicara, berkeringat, tidak tenang saat berbicara.

-Kontak mata sewaktu berbicara
Tataplah matanya sewaktu berbicara sehingga Anda akan tahu ia jujur atau berbohong. Orang yang sedang berbohong pasti tidak tahan bila ditatap matanya.

-Tidak komitmen pada apa yang dikatakannya
Jika pasangan Anda berjanji untuk menemani Anda pergi tetapi ia selalu saja membatalkannya maka Anda perlu curiga terhadap alasannya.
Jika Anda menemui adanya kebohongan dalam hubungan, janganlah panik. Memang kejujuran akan sukar sekali dibangun kembali bila Anda pernah tidak jujur. Menurut Meadows tahapan pertama menuju pengampunan adalah memahami mengapa pasangan berbohong pada Anda. Mungkin dengan berbohong itu ia dapat melindungi bahkan membahagiakan orang lain. Mungkin saja suatu saat suami Anda berbohong mengenai apa yang dikatakan ibunya mengenai Anda. Tetapi janganlah berbohong karena Anda sedang menutupi suatu affair atau hubungan dengan orang lain.

Bila Anda merasa tidak dapat lagi mempercayai pasangan, Anda harus mengutarakan hal ini padanya. Cobalah untuk jujur dalam situasi apapun terutama terhadap pasangan tercinta.
Trik Menyampaikan Keluhan

Dalam hubungan antara pria dan wanita sering ditemui bahwa hanya karena perkataan yang salah ternyata bisa mengacaukan suatu hubungan tanpa disengaja. Ada pepatah yang mengatakan bahwa lidah itu lebih tajam daripada mata pedang. Ternyata memang benar demikian jika kita tidak hati-hati dalam mengucapkan sesuatu.

Pria dan wanita memiliki gaya berbicara yang berbeda. Pria lebih suka berbicara logis, mengenai politik, bisnis, mobil, olahraga, dan hal lainnya yang mewakili kejantanannya. Berbeda dengan wanita yang biasanya topik pembicaraannya berkisar tentang anak, gosip, masakan, maupun keluh kesah hatinya dan lebih banyak melibatkan perasaan. Kadang-kadang mungkin mereka satu sama lain kurang berminat terhadap topik yang sedang dibahas oleh pasangannya.

Sebagai pria, mereka ingin dilihat sebagai pemecah masalah, sehingga sering bila wanita berkeluh kesah bagi pria kedengarannya wanita tersebut meminta bantuan darinya. Mulailah pria memberikan solusi atas keluh kesah pasangannya. Pada saat itu wanita sedang tidak mencari solusi atas apa yang dikeluhkannya, ia hanya membutuhkan seorang teman untuk mendengarkan tanpa memberikan komentar. Akibat nasihat maupun usul dari pasangan tersebut si wanita jadi bertambah kesal.

Bagaimanakah komunikasi yang benar di antara dua orang makhluk yang berbeda karakter dan sifat tersebut agar keduanya mendapatkan kepuasan ?
Komunikasi merupakan jembatan penghubung kasih diantara pria dan wanita. Wanita harus pandai-pandai dalam berkata sehingga tidak disalah-artikan oleh pria. Seperti kalimat “Kamu tidak mengerti” yang bagi wanita makna sebenarnya adalah “Kamu tidak mengerti bahwa saya saat ini tidak membutuhkan penyelesaian.”
Sedangkan di telinga pria perkataan tersebut seperti hukuman yang menyatakan ia tidak mampu mengatasi persoalan pasangannya. Akan lebih baik bila sebelum menceritakan keluh kesahnya seorang wanita berkata “Saat ini saya hanya ingin membagikan perasaan-perasaan saya. Hal ini akan membuat saya merasa lebih baik.” Dengan kalimat tersebut seorang pria telah siap untuk mendengarkan tanpa ia merasa frustrasi karena tidak dapat membantu menyelesaikan persoalan.

Janganlah lupa mengucapkan terimakasih pada pasangan Anda karena ia telah berkenan meluangkan waktu untuk mendengarkan keluh kesah Anda. Penghargaan padanya atas hal sulit yang telah dilakukannya (mendengarkan tanpa memberikan komentar ataupun mendengarkan tanggapan negatif dari pasangannya ) akan membuatnya merasa bahagia dan ia akan bersedia melakukannya lagi di lain kesempatan.

Berhati-hatilah dalam pemakaian kata dan nada suara terutama bila berkomunikasi dengan pasangan, karena kalimat yang sama bila diucapkan dengan nada yang berbeda akan memberikan arti yang berbeda pula. Janganlah sampai jembatan komunikasi di antara Anda berdua terputus hanya karena suatu perkataan yang diterjemahkan secara berbeda.
Kiat Dalam Menghadapi Masalah
Dalam kehidupan berumah tangga sering dihadapi persoalan baik menyangkut finansial, anak, maupun masalah karir. Bagaimanakah sebaiknya sikap kita dalam menanggapinya? Apakah kita akan saling menyalahkan ?
Sebagai suami-istri kita dapat bekerjasama dalam menghadapi tantangan maupun kemalangan. Tetapi pria dan wanita memiliki cara yang berbeda dalam menghadapi masalahnya. Bila pria, ia lebih senang diam bila menghadapi masalah. Berbeda dengan wanita yang lebih senang menceritakan persoalannya.
Contoh: Jim baru saja kehilangan pekerjaannya dan dia sudah melamar di beberapa tempat dan belum mendapatkan jawabannya. Pada saat dia pulang ke rumah, istrinya sudah menanyakan hal tersebut. Jim menanggapinya dengan tidak semangat. Istrinya merasa khawatir dan terus menanyai lagi hal yang sama. Karena merasa tidak dipercaya, Jim diam saja dan tidak memberi jawaban atas pertanyaan istrinya. Sebaliknya sang istri merasa dirinya juga tidak dihargai oleh suaminya. Dia mau memberikan bantuan dengan mengajukan pertanyaan yang menurutnya bisa meringankan beban suaminya. Dari hal tersebut mereka mulai bertengkar karena masing-masing merasa tidak dihargai lagi oleh pasangannya.
Dalam menghadapi persoalan di atas bagaimanakah seharusnya sikap istrinya?
1. Membiarkan pria menyendiri sementara Anda memasak atau melakukan hal lainnya misalnya ngobrol dengan teman di telepon, mendengarkan musik, dll
2. Tidak mengkhawatirkan suami Anda atau merasa kasihan padanya.
3. Jangan mengajukan pertanyaan-pertanyaan mengenai perasaannya.
4. Jangan berusaha membantu memecahkan masalahnya.
5. Bila Anda perlu “bicara” tulislah di atas secarik kertas agar dapat dibaca setelah ia merasa enakan. Bila Anda perlu perhatian, bicaralah dengan seorang sahabat.
6. Bila istri tidak mengajukan pertanyaan-pertanyaan maka pria akan merasa dirinya masih dipercayai dan dia akan berusaha lebih giat lagi untuk membahagiakan istrinya. Memberikan nasihat hanya akan menghibur suami Anda jika ia memintanya. Bila suami menerima terlalu banyak bantuan, ia akan kehilangan keperkasaan dan kekuatannya.
7. Bila kesulitan Anda telah berlalu, pergilah berakhir pekan tanpa disertai anak-anak, hanya Anda berdua.
Trik Obrolan Mesra Suami Isteri
Untuk menjaga kehangatan mahligai perkawinan, khususnya bagi pasangan yang sudah lama mengarungi bahtera perkawinan, ada trik-trik ampuh yang harus dilakukan. Ini demi menghindari kejenuhan. Alhasil anda dan pasangan anda tak lagi beraktifitas seksual secara monoton. Dengan begitu, gairah hubungan intim suami-istri tetap terpelihara. Dalam memandang hubungan intim pun tak lagi beranggapan mutlak sexual intercourse (penestrasi penis pada vagina). Tapi, menyakini kekuatan obrolan yang mesra. Caranya :
Mendongeng Indah Dan Sentuhan Lembut
Tahap ini bisa dilakukan saat anda berdua sudah berbaring di atas peraduan. Berikan sentuhan lembut ke bagian tubuh pasangan anda yang dia rasakan paling sensitif. Sambil memberikan belaian, selingi dengan obrolan indah, yang menjurus pada hal-hal yang berbau seks yang saat itu terlintas di benak anda. Yang pasti, apa yang anda bicarakan itu bisa membangkitkan gairah seks/ libido pasangan anda. Untuk hal yang satu ini, anda harus benar-benar tahu apa yang menjadi ‘kegemaran‘ pasangan anda. Sehingga, usaha untuk membahagiakan pasangan tidak malah berubah menjadi petaka. Pasalnya, lantaran pasangan anda merasa tidak sreg terhadap bahan obrolan anda.
- Berikan Sanjungan
Saat anda sedang menikmati suasana intim, katakan pada pasangan tentang apa yang membuat anda kagum padanya. Khususnya, yang menyangkut masalah bagaimana cara si Dia memberikan pelayanan seks kepada anda.
- Berkatalah Sejujurnya
Anda tidak boleh menutup-nutupi apa yang tidak anda senangi terhadap pasangan anda. Utarakan dengan perkataan yang halus agar tidak menyinggung perasaan pasangan anda. Beritahukan pada dia secara tersirat apa yang anda mau. Jangan langsung menyatakan penolakan, karena bisa membuat pasangan langsung down dan tak berselera lagi.
- Kembangkan Fantasi Seks
Tidak ada salahnya anda mengembangkan pikiran untuk berfantasi. Karena imajinasi-imajinasi liar tentang fantasi seks juga membantu anda dan pasangan untuk menggairahkan hubungan anda. Sebagai contoh, Anda bisa membayangkan seandainya anda bersama pasangan bercinta di sebuah taman atau di pinggir pantai. Atau, berhandai-handai anda mempraktekkan satu gaya bercinta terpanas.
Selamat mencoba.

Pentingnya Kemesraan Suami Isteri

Kemesraan dalam suatu rumah tangga penting sekali karena melalui kemesraan atau kebersamaan akan timbul komunikasi antara suami-istri. Komunikasi di sini penting agar seorang suami maupun istri dapat saling terbuka mengenai permasalahannya dalam berhubungan dengan suami/istrinya untuk mencari jalan keluar. Melalui komunikasi mereka bisa mendiskusikan jalan terbaik agar kehidupan berkeluarga makin baik dan bahagia.
Tetapi seiring dengan perjalanan waktu dan dengan adanya kesibukan suami maupun istri, kebersamaan dalam keluarga sering terlupakan. Suami sibuk mencari uang guna memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Sebaliknya istri sibuk mengurusi anak-anak ataupun bekerja juga. Suami pergi bekerja pagi dan pulang larut malam sehingga saat suaminya pulang mungkin istri juga telah tidur karena kecapaian. Bila masing-masing memiliki waktu luang, akan mengerjakan kesenangan masing-masing. Seakan-akan tidak perlu lagi waktu untuk bersama seperti waktu pacaran dimana sesibuk apapun, masih menyisakan waktu minimal seminggu sekali untuk merasakan kebersamaaan dengan pasangan.
Berdasarkan riset diketahui bahwa pasangan yang berbahagia akan lebih banyak menghabiskan waktu luang bersama.

Saat kebersamaan akan membuat perkawinan Anda hidup. Tetapi kadang-kadang sulit untuk mendapatkan waktu luang bersama. Untuk mendapatkan waktu luang bersama diperlukan keinginan untuk menghabiskan waktu bersama dan adanya kesempatan. Karena dengan adanya keinginan, kesempatan akan dapat diusahakan .
Jadwalkanlah kegiatan bersama, dan tetapkanlah suatu hari yang dapat dipergunakan untuk melakukan kegiatan bersama-sama. Bila hari tersebut tiba, Anda harus mengatakan “tidak” pada kegiatan Anda lainnya.Buatlah hal-hal biasa menjadi istimewa. Misalnya eluslah punggung pasangan Anda sewaktu ia berbicara di telepon atau menonton TV bersama atau sambil memijati pasangan. Anda dapat pula menyetel kaset kesukaan Anda dan mulai berdansa. Anda dapat melaksanakan aktivitas olahraga bersama-sama misalnya berenang, catur, jogging dll. Bagi istri, ia dapat berpakaian yang seksi yang lain dari biasanya dan menyiapkan makan malam yang romantis bersama suaminya. Hal tersebut mungkin sudah lama tidak dilakukan.

Jika Anda mengatakan saya tidak ada waktu luang sedikitpun, berarti Anda telah kehilangan puluhan kesempatan untuk menikmati waktu bersama ditemani istri/suami Anda. Anda dan pasangan Anda tidak perlu memiliki minat yang sama untuk melakukan aktivitas bersama.
Anda juga dapat pergi ke suatu hotel untuk menginap 1 malam bersama suami/istri tanpa mengikutkan anak ( bila memiliki anak ). Sering para ibu keberatan bila berlibur meninggalkan anak mereka. Padahal suami istri memerlukan waktu intim bersama tanpa direpotkan oleh anak. Anak bisa dititipkan pada orang tua atau baby sitter untuk satu malam saja sehingga Anda berdua dapat menyegarkan kembali cinta Anda.
Pasangan yang bahagia akan merasakan pentingnya waktu luang bersama dan akan menyediakan waktu mereka untuk bersama
Menghadapi Masa Lalu Pasangan
Sebagai manusia tentu saja tidak terlepas dari kesalahan-kesalahan yang dibuat di masa lalu. Kadang-kadang sebagai pasangan, Anda mungkin sukar sekali melupakan kejadian di masa lalu yang pernah dilakukan oleh pasangan tercinta.
Berikut tips untuk menghadapi masa lalu pasangan :

Selesaikanlah masalah masa lalu yang menghalangi hubungan Anda berdua sampai tuntas. Jujurlah dengan pasangan mengenai masa lalu baik sikap, pacar lama ataupun hal lainnya. Tetapi yakinkanlah pasangan Anda bahwa ia juga harus menerima segala kesalahan yang telah Anda perbuat di masa lalu dan melupakannya. Jika Anda secara tak sengaja mengatakan bagaimana hebatnya mantan pacar, pastikan untuk segera mengoreksinya dengan mengatakan bahwa suami/ istri Anda lebih hebat dari mantan pacar yang lalu sehingga Anda lebih memilihnya menjadi pasangan seumur hidup.
Gunakanlah masa lalu sebagai perisai/ senjata/ kekuatan menghadapi masa depan. Teori ini kedengarannya sangatlah mudah. Tetapi jika Anda sudah terbawa emosi dalam mengutarakan masa lalu, mungkin saja Anda akan membandingkan keadaan sekarang dengan masa lalu yang lebih baik dari keadaan sekarang. Jadi bila Anda akan mengutarakan masa lalu, lebih baik pertimbangkan dulu apakah dengan mengetahui hal tersebut akan membuat hubungan lebih baik atau sebaliknya.

Bersyukurlah atas kehidupan Anda saat ini. Mungkin Anda termasuk orang yang sering mengutarakan masa lalu padahal keadaan sekarang lebih baik. Beberapa orang sering tidak atau kurang bersyukur atas keadaannya saat ini kata Daphne Rose Kingma. Orang kadang kala lebih suka menceritakan keadaannya yang buruk dimasa lalu bersama mantan pacar daripada menceritakan betapa bahagianya hidupnya saat ini. Jadi fokuslah pada keadaan saat ini sehingga Anda akan dapat melihat betapa beruntungnya Anda memiliki suami/ istri yang mendampingi Anda saat ini.

Lupakanlah cacat masa lalu pasanganmu. Mungkin sebelum bertemu dengan kekasih sejati, Anda mengalami beberapa hal yang menyakitkan. Menurut Michele Weiner-Davis, pengarang buku Divorce Busting, “Nasihat terburuk bagi pasangan yang baru menikah adalah terbuka terhadap semua hal yang terjadi di masa lalu mereka. Beberapa hal mungkin lebih baik tidak usah diutarakan.” Jika Anda merupakan korban kekerasan fisik, seksual, emosi, di masa lalu, Anda harus mengutarakannya pada pasangan sehingga dia dapat membantu Anda mengatasi semua kekecewaan di masa lalu. Tetapi perlu juga dipertimbangkan apakah Anda berdua siap dengan masa lalu pasangan tersebut ?

Jika menceritakan masa lalu akan meningkatkan kualitas cinta Anda berdua, ceritakanlah. Tetapi apabila akan memperburuk hubungan Anda atau tidak berpengaruh sama sekali terhadap hubungan Anda berdua, lebih baik tidak diutarakan.

Masa lalu merupakan salah satu sejarah Anda pula. Pilihan Anda adalah, apakah mengijinkan masa lalu menjadi bagian dari kehidupan saat ini ? Bila masa lalu tersebut memberikan manfaat bagi masa depan Anda berdua alangkah baiknya bila diutarakan agar dapat mempererat tali kasih diantara Anda. Akan tetapi bila tidak, biarkanlah masa lalu menjadi milik masa lalu semata.
Mengatasi Rasa Tidak Percaya Pada Pasangan

Kepercayaan merupakan kunci hubungan suami-istri yang bahagia. Tanpa kepercayaan akan sukar menjalin hubungan yang kekal. Seringkali ketidakpercayaan disebabkan tindakan salah satu pasangan yang mengecewakan pasangannya sehingga susah untuk mempercayainya lagi. Usaha untuk mendapatkan kembali kepercayaan membutuhkan kerjasama kedua belah pihak.

Ketidakpercayaan yang berlanjut akan menyebabkan masing-masing berusaha menjauhkan diri dari pasangannya karena mereka merasa tidak dicintai lagi oleh pasangannya. Pada saat timbul rasa tidak percaya apa sebenarnya yang perlu dilakukan ?
Bila Anda merasa sulit untuk mempercayai pasangan Anda, tunjukkanlah perasaan yang baik. “Saya merasa tidak dapat mempercayaimu lagi. Saya tahu kamu pasti tidak suka dan frustrasi.” Dari perkataan ini meskipun pasangan Anda tidak suka tapi terlihat bahwa pasangan Anda akan merasa tetap diperhatikan dan dipedulikan perasaannya.
Bila pasangan Anda tidak percaya karena suatu hal yang masuk akal, janganlah memaksanya untuk percaya pada Anda. Mungkin sebaiknya Anda mencoba mengatakan “Saya tahu saya dapat dipercaya tapi saya tidak menyalahkanmu karena meragukan saya.” Usaha Anda untuk meyakinkan pasangan mungkin untuk membantu pasangan agar ia lebih lega dan Anda tidak ingin kehilangan dirinya.

Bila pikiran bahwa pasangan Anda tidak dapat dipercaya memenuhi pikiran Anda, jadwalkanlah waktu dalam sehari untuk khawatir. Riset menunjukkan bahwa orang yang menyediakan waktu 15–30 menit sehari untuk pikiran obsesif dapat lebih mengendalikan pikiran tersebut. Pikiran tersebut akan kembali dalam waktu yang lain. Katakan pada diri Anda bahwa Anda akan memperhatikan pikiran tersebut pada saat yang lain dan teruskanlah pekerjaan Anda.
Lakukan dalam sehari seolah-olah Anda mempercayai pasangan Anda. Bila pasangan Anda terlambat pulang kerja 1 jam, tanyakanlah sebabnya dan bertindaklah seolah-olah Anda mempercayainya. Tanggapilah setiap ketidakpercayaan Anda dengan perkataan seolah-olah Anda mempercayainya.

Anda dapat mencoba latihan berikut ini untuk menimbulkan perasaan lebih percaya pada pasangan Anda. Berbaring terlentang dan minta tolong pada pasangan mengangkat kepala Anda 1 atau 2 inch dari lantai. Bersikaplah santai dan biarkan ia menahan kepala Anda tanpa bantuan sedikitpun dari Anda. Pada saat inilah Anda perlu percaya pada pasangan bahwa ia mampu menopang kepala Anda. Dan ia akan tahu betapa sulitnya Anda berusaha untuk mempercayainya sesulit dia mengangkat kepala Anda.
Pasangan yang diberi kepercayaan lagi oleh pasangannya akan membuktikan bahwa dirinya dapat dipercaya dan akan lebih mengasihi pasangannya yang memberi kesempatan kedua baginya untuk berubah. Baca juga tips untuk mempertahankan hubungan pasangan suami isteri.
Trik Bertengkar Dengan Benar
Bertengkar bagi beberapa pasangan membuat hubungan cinta mereka makin mendalam tetapi bagi beberapa orang pertengkaran terasa tidaklah mengenakkan dan sangat menyakitkan. Berikut ada beberapa trik dalam mengatasi pertengkaran agar tidak menimbulkan sakit hati dan dendam diantara pasangan :

Tuliskanlah unek-unek Anda di sebuah kertas. Karena mungkin di saat tersebut Anda tidak dapat mengendalikan emosi bila harus berbicara langsung dengan pasangan. Setelah menuliskannya mungkin Anda akan lebih lega dan berikanlah kertas tersebut pada pasangan lalu diskusikan penyelesaian terbaik.
Hindari bertengkar di tempat tidur. Karena akan menimbulkan kenangan yang kurang enak bagi Anda berdua di saat Anda bercinta mungkin saja kenangan tersebut akan muncul.
Tunjukkan bahwa Anda memperhatikannya. Setelah bertengkar, jangan beranggapan bahwa suami/ istri Anda juga menginginkan seks seperti yang Anda inginkan. Bila seks merupakan suatu bentuk pengampunan dari Anda, tanyakanlah pada pasangan Anda apakah ia bersedia atau tidak bercinta dengan Anda, atau carilah cara lain sebagai ungkapan Anda telah berbaikan.

Hindari kekerasan. Menangis histeris, emosi yang meledak-ledak, ataupun membanting sesuatu bukanlah cara penyelesaian suatu masalah yang baik. Bahkan semuanya itu akan memperburuk keadaan. Janganlah terbawa emosi, usahakan tetap tenang meskipun pada saat itu perasaan Anda hampir meledak.
Dengarkan penjelasannya terlebih dulu. Mempertahankan diri dengan alasan-alasan merupakan sifat natural manusia bila diserang. Tetapi sikap tersebut akan memperburuk keadaan. Biarkan pasangan Anda menjelaskan unek-uneknya terlebih dulu barulah Anda memberikan penjelasan yang rasional atas unek-uneknya tersebut.
Tetaplah fokus pada permasalahan yang dihadapi. Jika permasalahan tersebut tidak juga ditemukan jalan keluarnya, rilekslah sejenak atau beberapa saat. Lakukan kegiatan lain sehingga Anda tidak stres lagi dan bisa kembali dengan pikiran yang jernih untuk menyelesaikan persoalan tersebut.
Ketahuilah seseorang yang salah tidak sepenuhnya seratus persen salah begitu pula sebaliknya.
Istirahat sejenak. Jika Anda sangat marah atas sesuatu hal, janganlah langsung mengutarakannya pada pasangan, tetapi cobalah tenang dan pikirkan lagi permasalahan tersebut. Bila Anda sudah tenang barulah mengungkapkannya pada pasangan apa yang membuat Anda sangat marah.
Kadang-kadang mungkin Anda membutuhkan orang lain sebagai penengah bagi permasalahan Anda. Seorang psikolog keluarga atau konselor keluarga akan dapat memberikan solusi yang netral bagi persoalan yang tidak dapat Anda atasi sendiri.
 Tetaplah bercanda dengan pasangan bila persoalan telah selesai. Pasangan yang berhasil akan saling jujur, toleran, bersedia untuk berkompromi mengenai suatu hal, dan canda tawa senantiasa ada diantara mereka. Memang bila ada suatu masalah haruslah ditanggapi dengan serius tapi tidak ada salahnya bila Anda sedikit tersenyum bila masalah telah selesai.


Related Posts



0 komentar:

Posting Komentar

Ayo berikan komentar anda, karena komentar anda sangat berharga bahkan melebihi harga intan permata!sip deh!

 

Nico-Yan Blog Feed

Copyright © BELAJAR BUAT BLOG UNTUK KELUARGA | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog